Etika Sosial Politik : Kebebasan dan Tanggung Jawab dalam kaitannya dengan Sosial Politik

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn on Kamis, 28 Februari 2013


Adam Syarief Thamrin Hasibuan
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya



Tulisan ini adalah sepenggal dari tugas Etika Sosial & Politik yang diberikan oleh Bapak Drs. Gitadi Tegas Supramudyo (Dosen Pengamat Kebijakan Publik Fisip UA) untuk membedah secara singkat buku karangan K. Bertens, bab III

***
Kebebasan dan Tanggung Jawab merupakan pengertian dari dua kalimat yang berbeda tetapi maknanya keterkaitan dan bersinggungan. Sehingga, orang bisa menyatakan bahwa “Manusia itu Bebas” dan dengan sendirinya dia juga menerima pernyataan “Manusia itu Bertanggung-Jawab”. Dapat diartikan analogi tersebut bahwa Manusia itu bertanggung-jawab atas kebebasan yang dimilikinya tersebut. Sekarang, tidak mungkin sebuah kebebasan tidak disertai dengan tanggung-jawab, jika hal tersebut terjadi maka yang kita temui adalah sebuah kebebasan yang “kebablasan” tanpa batasan dan tanggung jawab yang jelas dari pemiliki kebebasan tersebut (Manusia).

Kebebasan
Pengalaman tentang kebebasan. Tidak ada manusia di dunia yang tidak mengerti tentang kebebasan, setiap manusia pasti mengerti dan paham karena manusia mengalami sebuah kebebasan tersebut. Tetapi, kebebasan tidak sebatas sebuah pemahaman yang dilakukan, aktifitas yang dilakukan dan dialami oleh manusia, tetapi pada hakikatnya kebebasan memiliki arti yang pas, namun demikian manusia yang mengalami kebebasan itu pun tidak dapat menjelaskan tentang apa itu kebebasan. Jika tidak ada orang menanyakan pada kita apa itu kebebasan maka kita yakin kita tahu karena kita mengalaminya, tetapi jika ada orang yang datang dan menanyakan apa itu kebebasan itu, kita menjadi bingung dan tidak bisa menjawab.
Kebebasan itu adalah hubungan antara “aku konkret” dan perbuatan yang dilakukannya (Henry Bergson 1859-1941) Dan filsuf Prancis yang banyak berpikir mengenai pengalaman tentang kebebasan ini menyimpulkan bahwa “Kebebasan merupakan suatu fakta dan di antara fakta-fakta yang ditetapkan orang tidak ada yang lebih jelas”. Dalam penjelasan tersebut, kata “Fakta” berarti adalah data langsung atau pengalaman batin yang benar-benar dialami.
Dalam realitas hidup manusia, kebebasan merupakan suatu realitas yang amat kompleks. Kebebasan memiliki banyak aspek dan banyak pula karakteristik.
Begitupun tentang kebebasan rakyat vs kekuasaan yang absolute seperti dijelaskan di buku Bertens yang mengangkat pernanan besar Negara di Eropa yang memiliki andil cukup luar biasa dam menjadi pelopor dalam mewujudkan kebebasan sosial-politik, Negara tersebut adalah Inggris dan Prancis. Di Inggris, pembatasan absolutism para raja berlangsung berangsur-angsur selama kurun waktu yang cukup panjang, salah satu contoh adalah keluarnya piagam Magna Charta (1215), piagam yang secara terpaksa dikeluarkan oleh Raja John untuk menganugerahkan kebebasan-kebebasan tertentu kepada raja Baron dan uskup Inggris. Seabad kemudian di Prancis absolutism para raja di lalui revolusi Prancis secara dramatis (1789), yang antara lain mengakibatkan raja Louis XVI dipenggal kepalanya, beberapa bulan kemudian disusul istrinya ratu Marie Antoinette. Penjelasan-penjelasan tersebut merupakan salah satu contoh mengenai kebebasan rakyat dan kekuasaan absolute yang pernah terjadi dibeberapa Negara di Eropa dahulu.

Pembahasan singkat mengenai kebebasan sosial politik menurut bentuk pertama dapat ditambahkan beberapa catatan, yang pertama ialah bahwa perwujudan kebebasan sosial politik ini tidak terbatas pada kedua Negara yang bersangkutan saja tapi mempunyai relevansi universal. Yang kedua, gagasan yang melatar-belakangi kebebasan sosial-politik dalam bentuk ini pada dasarnya bersifat etis. Tidak dapat dibenarkan, jika perkembangan dari monarki absolute ke demokrasi modern bukan suatu kenyataan historis, tetapi merupakan suatu keharusan etis. Tidak dapat dibenarkan jika perkembangan itu menempuh lagi arah yang terbalik. Selain itu, ada pula poin mengenai Kemerdekaan versus kolonialisme yang dituangkan Bertens dalam bukunya yang memiliki pokok bahasan focus kepada analisis kebebasan sosial-politik yang direalisasikan ke dalam proses dekolonisasi, dan ide kebebasan yang di berkembang di Negara-negara penjajah atau kolonialisme pada masa itu. Ada pula poin tentang kebebasan individual dan kesenang-senangan yang merupakan sebuah arti sempit dari sebuah kebebasan itu sendiri tanpa dimengerti apa hakikatnya.

Jika tidak diimbangi dengan berpikir yang panjang maka banyak manusia cenderung menerima dan merespon pengertian kebebasan ini atas pertanyaan  “Apa itu kebebasan”, secara spontan mereka menjawab “saya bebas jika saya bisa melakukan apa saja yang saya mau”. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena manusia selalu mencampur-adukkan kebebasan dengan rasa bebas. Maka, jika tidak merefleksikannya secara dalam maka akan terasa akan arti dan hakikat yang sama anatar kebebasan dan rasa bebas.
Kebebasan dalam arti kesewenang-wenangan sebenarnya tidak pantas disebut kebebasan, dalam kehidupan manusia dewasa ini sering ditemui penyalahgunaan arti kebebasan itu sendiri. Karena, bebas tidak berarti lepas dari segala keterikatan melainkan kebebasan yang sejati adalah kebebasan yang mengandalkan keterikatan dan norma-norma. Jadi, norma-norma tidak menghambat adanya kebebasan tapi justru memungkinkan tingkah-laku bebas.

Beberapa masalah kebebasan
Kebebasan Negatif dan Kebebasan Positif. Secara implicit ada dua aspek yang melekat pada kebebasan itu sendiri, yakni aspek positif dan negative, Bertens dalam bukunya juga menggunakan analisis pendekatan positif dan negative dalam setiap penjelasan arti-arti tentang apa itu kebebasan.

Dua aspek kebebasan tadi dapat dirumuskan juga dengan mengatakan bahwa kebebasan bisa dimengerti sebagai “kebebasan dari…” dan “kebebasan untuk…”

Tanggung Jawab
Sama seperti pengertian dalam kaitannya “Tanggung Jawab” dapat diartikan, seseorang yang bisa menjawab dan memberikan penjelasan atau keterangan yang tepat saat ditanyai mengenai sikap atau perbuatan atau tingkah lakunya.
Keterkaitan antara tanggung jawab dan kebebasan. Analogi mudahnya, dalam setiap kebebasan yang dialami manusia, tentunya tidak begitu saja tanpa alasan dan penjelasan yang jelas dan hakiki, kebebasan yang dimiliki dan di alami manusia juga selalu disertai dengan rasa tanggung jawab yang tepat, dimana bisa memberikan keterangan dan menjelaskan yang tepat atas perbuatan dan tingkah laku yang dilakukan.

Tanggung Jawab Kolektif
Dalam pembahasan mengenai tanggung jawab yang selalu di titik fokuskan adalah tanggung jawab pribadi atau perorangan atau personal. Bagaimana dengan tanggung jawab kolektif? Beberapa etikawan menerima kemungkinan tanggung jawab kolektif tadi, tetapi tidak sedikit etikawan yang menolaknya dengan penjelasan-penjelasan yang berbeda-beda.

Tanggung jawab kolektif lebih kepada kesadaran personal yang memiliki peranan dan andil dalam suatu permasalahan yang tepat, contoh; unsure pimpinan yang bersifat kolektif yang kebijakannya berpengaruh pada orang banyak / massal. Karena, sulit menerima sebuah tanggung jawab moral, sebab sulit untuk diakui bahwa seseorang bisa bertanggung jawab atas perbuatan yang tidak dilakukannya. Maka kembali lagi tanggung jawab kolektif kembali pada kesadaran personal dan keinginan untuk pembenahan yang lebih baik.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Terimakasih, bermanfaat!

Posting Komentar