Hasnul Suhaimi : Bekerja sama dan Bekerja sama

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn on Sabtu, 16 Juni 2012


Kerja tim atau teamwork tentunya dibutuhkan di dalam organisasi atau perusahaan. Selaras dengan budaya gotong royong di Indonesia, tentunya bekerja tim ini bukanlah sesuatu hal yang asing lagi di masyarakat Indonesia. Terlihat sebagai sesuatu yang sederhana dan mudah, namun aplikasinya tidak seperti itu.

Bekerja sama tentunya mengharuskan kita untuk bersama-sama mengerjakan sesuatu pekerjaan. Tetapi, bukan hanya pekerjaannya yang dilakukan bersama-sama, namun di dalam hatinya pun harus bekerja bersama-sama dengan ikhlas. Bekerja dengan setulus hati.

Inti dari kerjasama adalah mau memberi dan mau menerima, mau membantu dan mau dibantu. Yang paling berat sebenarnya adalah dibantu, bukan membantu. Orang bisa gampang membantu timnya, tetapi orang suka kesal kalau dibantu oleh orang lain, karena merasa sudah mampu melakukan pekerjaan tersebut tanpa bantuan orang lain. Ini yang mesti dihindari. Saya artikan teamwork sebagai itu. Bekerja bersama-sama, hatinya bersama-sama, pun saling bantu-membantu.

Satu hal lagi selain bantu-membantu adalah saling memberitahu. Sama halnya dengan bantu-membantu, di dalam kerja tim orang senang memberitahu tetapi terkadang suka kesal kalau diberitahu karena merasa diajari. Jika seseorang bisa membantu dan juga dibantu, maka lebih mudah baginya untuk mengembangkan diri dan berkolaborasi dengan tim.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar