Etika Sosial Politik : Kebebasan dan Tanggung Jawab dalam kaitannya dengan Sosial Politik

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn on Kamis, 28 Februari 2013


Adam Syarief Thamrin Hasibuan
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya



Tulisan ini adalah sepenggal dari tugas Etika Sosial & Politik yang diberikan oleh Bapak Drs. Gitadi Tegas Supramudyo (Dosen Pengamat Kebijakan Publik Fisip UA) untuk membedah secara singkat buku karangan K. Bertens, bab III

***
Kebebasan dan Tanggung Jawab merupakan pengertian dari dua kalimat yang berbeda tetapi maknanya keterkaitan dan bersinggungan. Sehingga, orang bisa menyatakan bahwa “Manusia itu Bebas” dan dengan sendirinya dia juga menerima pernyataan “Manusia itu Bertanggung-Jawab”. Dapat diartikan analogi tersebut bahwa Manusia itu bertanggung-jawab atas kebebasan yang dimilikinya tersebut. Sekarang, tidak mungkin sebuah kebebasan tidak disertai dengan tanggung-jawab, jika hal tersebut terjadi maka yang kita temui adalah sebuah kebebasan yang “kebablasan” tanpa batasan dan tanggung jawab yang jelas dari pemiliki kebebasan tersebut (Manusia).

Kebebasan
Pengalaman tentang kebebasan. Tidak ada manusia di dunia yang tidak mengerti tentang kebebasan, setiap manusia pasti mengerti dan paham karena manusia mengalami sebuah kebebasan tersebut. Tetapi, kebebasan tidak sebatas sebuah pemahaman yang dilakukan, aktifitas yang dilakukan dan dialami oleh manusia, tetapi pada hakikatnya kebebasan memiliki arti yang pas, namun demikian manusia yang mengalami kebebasan itu pun tidak dapat menjelaskan tentang apa itu kebebasan. Jika tidak ada orang menanyakan pada kita apa itu kebebasan maka kita yakin kita tahu karena kita mengalaminya, tetapi jika ada orang yang datang dan menanyakan apa itu kebebasan itu, kita menjadi bingung dan tidak bisa menjawab.
Kebebasan itu adalah hubungan antara “aku konkret” dan perbuatan yang dilakukannya (Henry Bergson 1859-1941) Dan filsuf Prancis yang banyak berpikir mengenai pengalaman tentang kebebasan ini menyimpulkan bahwa “Kebebasan merupakan suatu fakta dan di antara fakta-fakta yang ditetapkan orang tidak ada yang lebih jelas”. Dalam penjelasan tersebut, kata “Fakta” berarti adalah data langsung atau pengalaman batin yang benar-benar dialami.
Dalam realitas hidup manusia, kebebasan merupakan suatu realitas yang amat kompleks. Kebebasan memiliki banyak aspek dan banyak pula karakteristik.
Begitupun tentang kebebasan rakyat vs kekuasaan yang absolute seperti dijelaskan di buku Bertens yang mengangkat pernanan besar Negara di Eropa yang memiliki andil cukup luar biasa dam menjadi pelopor dalam mewujudkan kebebasan sosial-politik, Negara tersebut adalah Inggris dan Prancis. Di Inggris, pembatasan absolutism para raja berlangsung berangsur-angsur selama kurun waktu yang cukup panjang, salah satu contoh adalah keluarnya piagam Magna Charta (1215), piagam yang secara terpaksa dikeluarkan oleh Raja John untuk menganugerahkan kebebasan-kebebasan tertentu kepada raja Baron dan uskup Inggris. Seabad kemudian di Prancis absolutism para raja di lalui revolusi Prancis secara dramatis (1789), yang antara lain mengakibatkan raja Louis XVI dipenggal kepalanya, beberapa bulan kemudian disusul istrinya ratu Marie Antoinette. Penjelasan-penjelasan tersebut merupakan salah satu contoh mengenai kebebasan rakyat dan kekuasaan absolute yang pernah terjadi dibeberapa Negara di Eropa dahulu.

Pembahasan singkat mengenai kebebasan sosial politik menurut bentuk pertama dapat ditambahkan beberapa catatan, yang pertama ialah bahwa perwujudan kebebasan sosial politik ini tidak terbatas pada kedua Negara yang bersangkutan saja tapi mempunyai relevansi universal. Yang kedua, gagasan yang melatar-belakangi kebebasan sosial-politik dalam bentuk ini pada dasarnya bersifat etis. Tidak dapat dibenarkan, jika perkembangan dari monarki absolute ke demokrasi modern bukan suatu kenyataan historis, tetapi merupakan suatu keharusan etis. Tidak dapat dibenarkan jika perkembangan itu menempuh lagi arah yang terbalik. Selain itu, ada pula poin mengenai Kemerdekaan versus kolonialisme yang dituangkan Bertens dalam bukunya yang memiliki pokok bahasan focus kepada analisis kebebasan sosial-politik yang direalisasikan ke dalam proses dekolonisasi, dan ide kebebasan yang di berkembang di Negara-negara penjajah atau kolonialisme pada masa itu. Ada pula poin tentang kebebasan individual dan kesenang-senangan yang merupakan sebuah arti sempit dari sebuah kebebasan itu sendiri tanpa dimengerti apa hakikatnya.

Jika tidak diimbangi dengan berpikir yang panjang maka banyak manusia cenderung menerima dan merespon pengertian kebebasan ini atas pertanyaan  “Apa itu kebebasan”, secara spontan mereka menjawab “saya bebas jika saya bisa melakukan apa saja yang saya mau”. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena manusia selalu mencampur-adukkan kebebasan dengan rasa bebas. Maka, jika tidak merefleksikannya secara dalam maka akan terasa akan arti dan hakikat yang sama anatar kebebasan dan rasa bebas.
Kebebasan dalam arti kesewenang-wenangan sebenarnya tidak pantas disebut kebebasan, dalam kehidupan manusia dewasa ini sering ditemui penyalahgunaan arti kebebasan itu sendiri. Karena, bebas tidak berarti lepas dari segala keterikatan melainkan kebebasan yang sejati adalah kebebasan yang mengandalkan keterikatan dan norma-norma. Jadi, norma-norma tidak menghambat adanya kebebasan tapi justru memungkinkan tingkah-laku bebas.

Beberapa masalah kebebasan
Kebebasan Negatif dan Kebebasan Positif. Secara implicit ada dua aspek yang melekat pada kebebasan itu sendiri, yakni aspek positif dan negative, Bertens dalam bukunya juga menggunakan analisis pendekatan positif dan negative dalam setiap penjelasan arti-arti tentang apa itu kebebasan.

Dua aspek kebebasan tadi dapat dirumuskan juga dengan mengatakan bahwa kebebasan bisa dimengerti sebagai “kebebasan dari…” dan “kebebasan untuk…”

Tanggung Jawab
Sama seperti pengertian dalam kaitannya “Tanggung Jawab” dapat diartikan, seseorang yang bisa menjawab dan memberikan penjelasan atau keterangan yang tepat saat ditanyai mengenai sikap atau perbuatan atau tingkah lakunya.
Keterkaitan antara tanggung jawab dan kebebasan. Analogi mudahnya, dalam setiap kebebasan yang dialami manusia, tentunya tidak begitu saja tanpa alasan dan penjelasan yang jelas dan hakiki, kebebasan yang dimiliki dan di alami manusia juga selalu disertai dengan rasa tanggung jawab yang tepat, dimana bisa memberikan keterangan dan menjelaskan yang tepat atas perbuatan dan tingkah laku yang dilakukan.

Tanggung Jawab Kolektif
Dalam pembahasan mengenai tanggung jawab yang selalu di titik fokuskan adalah tanggung jawab pribadi atau perorangan atau personal. Bagaimana dengan tanggung jawab kolektif? Beberapa etikawan menerima kemungkinan tanggung jawab kolektif tadi, tetapi tidak sedikit etikawan yang menolaknya dengan penjelasan-penjelasan yang berbeda-beda.

Tanggung jawab kolektif lebih kepada kesadaran personal yang memiliki peranan dan andil dalam suatu permasalahan yang tepat, contoh; unsure pimpinan yang bersifat kolektif yang kebijakannya berpengaruh pada orang banyak / massal. Karena, sulit menerima sebuah tanggung jawab moral, sebab sulit untuk diakui bahwa seseorang bisa bertanggung jawab atas perbuatan yang tidak dilakukannya. Maka kembali lagi tanggung jawab kolektif kembali pada kesadaran personal dan keinginan untuk pembenahan yang lebih baik.
More aboutEtika Sosial Politik : Kebebasan dan Tanggung Jawab dalam kaitannya dengan Sosial Politik

Peran Organisasi Pelajar Dalam Peningkatan dan Penumbuhan Potensi

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn




Adam Syarief Thamrin Hasibuan
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya

Sesuai dengan sebutannya “Pelajar” adalah pelaku belajar dimana memiliki hak dan kewajiban setara dalam hal Pendidikan dan Peningkatan Potensi. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah melaksanakan kewajibannya sebagai penyelenggara pendidikan Negara dengan melaksanakan program belajar dan program pendidikan bagi masyarakatnya, mulai dari Wajib Belajar 6 Tahun pada masa Presiden Soeharto hingga wajib belajar 12 Tahun dan mengupayakan pendidikan tinggi bagi pelajar yang telah menuntaskan wajib belajar 12 tahun tersebut. Tetapi, apakah pelajar cukup hanya disodori kegiatan-kegiatan akademik saja dan menjanjikan potensinya akan tergali dan tumbuh? Tentu tidak, Masa-masa pelajar adalah momen yang luar biasa dalam peningkatan potensinya, tidak cukup hanya dalam kegiatan wajib akademik dan belajar didalam kelas saja, tetapi dengan kegiatan-kegiatan lain yang dapat menunjang peningkatan potensi mereka.
Peran serta sebuah organisasi pelajar dalam peningkatan potensi pelajar memang sangat besar, bisa diambil contoh adalah; pesatnya bermunculan organisasi-organisasi berbasis pelajar yang ada saat ini adalah lahan potensial dalam “penggarapan” minat, bakat dan potensi pelajar. Kisaran target usia antara 12 – 23 tahun yang dapat disebut sebagai masa-masa produktif organisasi. Melalui kegiatan-kegiatan yang mengangkat peran pelajar dalam pengembangan potensi sangatlah dimungkinkan proses pengembangan potensi tersebut berjalan dan saling berdampak / berpengaruh.

Upaya “Penggarapan” dan Dinamika pengembangan berbasis karakter
Masa-masa saat ini, pegiat pendidikan Internasional sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye Pendidikan berbasis Karakter pada pelajar usia SD/SMP dan SMA/Sederajat, tidak hanya sampai disitu, upaya yang juga digalakkan pemerintah Indonesia ini juga terus berkembang sampai ranah pendidikan tinggi dengan harapan Indonesia di tahun emas-nya nanti dapat mencetak lulusan-lulusan intelektual berkarakter.
Itu tadi peran pemerintah dan bidang formal didalamnya, lalu, bagaimana dengan organisasi pelajar? Pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga selalu menyebut organisasi khususnya organisasi berbasis masa pelajar merupakan mitra paling penting Pemerintah dalam upaya pengembangan pendidikan dan potensi. Tetapi sayangnya, kemitraan yang terjalin tidak diimbangi perhatian serius pemerintah pada organisasi-organisasi Pelajar. Memang, melalui Dispora masing-masing daerah sering melakukan Pembinaan Kepemudaan yang melibatkan ormas-ormas dan orpem/orpel bahkan dijadikan agenda rutin, tetapi sayangnya agenda-agenda pembinaan tersebut tidak spesifik dalam melakukan pembinaan organisasi yang dinaunginya dan diduga kegiatan-kegiatan itu lebih dan kurang dilaksanakan dalam rangka masa-masa tutup anggaran APBD dengan harapan Pemerintah Daerah mendapatkan kucuran dana lagi dari pusat dengan alih-alih untuk pengembangan pembinaan organisasi kepemudaan/pelajar yang nyata-nyatanya tidak spesifik sama sekali dilakukan.
Sungguh ironis sekali nasib organisasi kepemudaan / pelajar di Indonesia yang rata-rata memiliki visi futuristic yang kurang lebih rata-rata sama dalam rangka pengembangan potensi pemuda/pelajar yang ada didalamnya, tetapi malah dijadikan bahan “pengisi acara” dalam rangka kepentingan pemerintah.


More aboutPeran Organisasi Pelajar Dalam Peningkatan dan Penumbuhan Potensi

(Pemikiran) Kritis yang fanatik atau (Pemikiran) Kritis yang Terlampaui

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn


Oleh Adam Syarief Thamrin Hasibuan
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya

***

Dewasa ini, waktu terlampau jauh melintasi gerak dan pemikiran kaum intelegensia muda yang kebanyakan dari mereka menyebut dirinya Aktivis Pemikir. Ada banyak kategori aktivis, yang kesemuanya itu senantiasa menyuarakan ide dan gagasan kritisnya disetiap aktivitas dan perlawanan terhadap sesuatu kehendak. Tetapi, saya hendak menyoal tentang kajian Kritis yang Fanatik yang sering dikait-kaitkan dengan suatu kelompok atau golongan tertentu, dan tentu saja rasional pemikiran mereka selalu berbeda antar setiap kelompok/golongan dengan yang lain. Ya, mereka menyebutnya landasan ideologi. Dan leluhur-leluhur golongan mereka lah yang menciptakan landasan ideologi tersebut yang kesemuanya menjadi patokan dan pakem aktivitas mereka. 

Menyoal Kritis yang Fanatik, saya akan mengkaji terlebih dahulu landasan definitif tentang kritis/pemikiran kritis dimulakan sebagai proses mengamati suatu permasalahan serta keinginan untuk meningkatkan pemahaman tentang permasalahan tersebut, Pemikiran kritis secara langsung dalam sebuah pemikirannya melibatkan 3 konsep cara pandang secara mental sekaligus yang diintegrasikan kedalam "Ke-Tunggalan dalam Cara Berpikir" 3 konsep itu tersebutlah; Analisis, Sintesis dan Penilaian. Dan, puncak ketunggalan dalam cara berpikir tersebut adalah memperhatikan dan berhati-hati dalam menganalisis pernyataan dalam mengkaji suatu masalah (baik itu rasional politik, sosial dinamis dan lain sebagainya) lainnya, selalu berhati-hati dalam mencari pembuktian yang kukuh dan logis untuk menarik sebuah kesimpulan yang hakiki dan benar

Pemikiran kritis boleh juga sebagai proses pemikiran secara teliti demi menjelaskan dan memperbaiki pengertian, dengan arti kata lain pemikiran kritis mendorong individu menguji kebenaran sesuatu masalah yang disoalkan tersebut. Seorang pemikir kritis tidak hanya pandai menggunakan kemahiran pendalaman persoalan (micro thinking) tetapi mempunyai sikap tertentu berkaitan dengan cara pandangnya terhadap suatu masalah tersebut.Pemikiran kritis mendorong individu bersifat rasional seperti berpendapat secara kritis,menilai dan menimbang berbagai pendapat dan gagasan sebelum membuat menarik kesimpulan. Pemikir kritis juga menilai Kesahihan (Shahih) dalam membuat atau menerima pernyataan seseorang

Untuk menguatkan penjelasan berpikir kritis dan Ketunggalan dalam cara berpikir berikut adalah kajian teori dari beberapa pemikir :

 Beyer (1985) berpendapat, pemikiran kritis adalah kebolehan manusia untukmembentuk konsep, memberi sebab atau membuat penentuan.

Pascarella dan Terenzini (1991, 2005) pula mendefinisikan pemikiran kritis sebagaikebolehan individu untuk mengenalpasti isu-isu dan membuat andaian untuk dibahaskan serta mengenal pasti hubungan penting untuk mendapatkan rumusan yang tepat daripada maklumat yang sedia ada

Menurut Dewey (1993), pemikiran kritis adalah berfikir secara serius dan mendalam serta membuat pertimbangan daripadanya

Selanjutnya, menyoal "Pemikiran krtis yang terlampau kritis". Adalah naif bagi aktivis pemikir yang selalu menyuarakan dan memposisikan diri serta mencoba melakukan generalisasi pemikiran terhadap suatu permasalahan atau kehendak pemikiran yang terkesan "Dipaksakan". Untuk tulisan singkat saya yang ke 4 ini, terpaksa saya harus mengatakan bahwa intelegensia dewasa ini sudah terlampau kritis dalam menyoal permasalahan dan ujung-ujungnya tentu non-solutif. Saya kagum dengan aktivis reformasi 1998, para aktivis mahasiswa tangguh luar biasa, pemikiran kritis tanpa batas yang berhasil menumbangkan rezim orde baru, tetapi sejatinya jika kita analisis bersama peristiwa 98, mereka lupa akan kebutuhan bangsa dan rakyat Indonesia saat itu, jika dengan aksi dan gejolak pemikiran yang mereka dengungkan saat itu berhasil menumbangkan Presiden Soeharto (Pemimpin Orde Baru) tapi apa yang terjadi selepas itu? Tidak ada solusi yang hakiki untuk sebuah perjuangan Reformasi bangsa Indonesia, kita hanya berganti pimpinan, berganti penguasa dan lebih tragisnya lagi bangsa Indonesia kala itu hanya berganti Dinasti. Kalaupun ada perubahan itu hanya 5% lebih sedikit. 

Tetapi, tetap mahasiswa Indonesia kala itu kita apresiasi luar biasa dengan ketangguhannya yang luar biasa, tetapi kembali lagi ke pokok permasalahan yang kita bahas, menyoal "Pemikiran kritis yang terlampau kritis". Tinggal kembali  dari individu pemikir itu sendiri bagaimana menilai dinamika pemikiran yang ia kembangkan sendiri

***  
More about(Pemikiran) Kritis yang fanatik atau (Pemikiran) Kritis yang Terlampaui

Comet Elenin Poses No Threat to Earth, NASA Says

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn on Senin, 17 Desember 2012

Akhir-akhir ini, kita semua digegerkan dengan beredarnya informasi tentang "Masa kegelapan Bumi" yang jatuh pada 23,24 dan 25 Desember 2012 mendatang, banyak sekali argumen yang merespon jangkaan NASA tersebut baik dari sisi sains dan spiritual. Agar tidak terjadi Distorsi Informasi yang meluas, saya akan   menyajikan sebuah artikel ilmiah hasil karya Tariq Maliq, seorang Manajer Editor sekaligus editor senior di jurnal Space Online, berikut artikelnya

The comet Elenin is passing through the inner solar system right now and will make its closest approach to Earth on Oct. 16. The comet has sparked an Internet firestorm among believers who claim its approach is linked to Earth's destruction, a rogue "planet" called Nibiru and a NASA conspiracy to cover it all up.
Now NASA is stressing the simple truth: Comet Elenin is just an icy comet — and a wimpy one at that — which poses no threat to our planet.
Take, for example, Elenin's "close" approach to Earth. That closest point is still out in deep space, a distant 22 million miles (35 million kilometers) from our planet, NASA scientists explained in a statement released yesterday (Aug. 16). That's more than 90 times the distance from the Earth to the moon, they added.  
he speculations by comet Elenin doomsayers claiming that the comet will align with other planets or celestial bodies to wreak havoc on Earth are just not true, the space agency says.
"Any approximate alignments of comet Elenin with other celestial bodies are meaningless, and the comet will not encounter any dark bodies that could perturb its orbit, nor will it influence us in any way here on Earth," said Don Yeomans, a scientist at NASA's Jet Propulsion Laboratory in Pasadena, Calif. 
NASA's statement on comet Elenin stepped from a barrage of questions sent in by the public over the last few months to sort out fact from the digital fictions swarming across the Internet regarding the comet's appearance. [Best Close Encounters with Comets]
"Often, comets are portrayed as harbingers of gloom and doom in movies and on television, but most pose no threat to Earth," NASA officials said. "Comet Elenin, the latest comet to visit our inner solar system, is no exception."
Comet Elenin was discovered on Dec. 10, 2010 by astronomer Leonid Elenin of Lyubertsy, Russia, who made the find using a remote-controlled observatory based in New Mexico. At the time, the comet was about 401 million miles (647 million km) from Earth. It is fairly faint and not expected to dazzle skywatchers, NASA scientists have said.
Since then, the comet (officially known as C/2010 X1) has made its way into the inner solar system, giving rise to many rumors — some outlandish — that link comet Elenin to 2012 end-of-the-world theories and other disaster scenarios.
NASA's Tuesday statement counters many of those speculations in plain language. They include:
  • Will comet Elenin block out the sun, causing three days of darkness? No, the comet won't cross the face of the sun as seen from Earth, and even if it did it's much too small to have an effect.
  • Will the comet pass between the Earth and the moon? No, it will be 90 times farther way.
  • Will comet Elenin cause shifting tides or earthquakes on Earth? Not at all.
For that last one, Yeomans stressed that there is absolutely no way Elenin could affect life on Earth, aside from providing a target for skywatchers to gaze at with telescopes.
"So you've got a modest-sized icy dirtball that is getting no closer than 35 million kilometers [about 22 million miles)," Yeomans explained. "It will have an immeasurably miniscule influence on our planet. By comparison, my subcompact automobile exerts a greater influence on the ocean's tides than comet Elenin ever will."
Comet Elenin and a hidden object?
Another theory rampant on the Internet is that comet Elenin is actually a type of failed star known as a "brown dwarf," or could be affected by another unknown planet or star, such as a rogue object called Nibiru suggested by many believers or brown dwarf star. NASA received questions on that as well.
 "A comet is nothing like a brown dwarf. You are correct that the way astronomers measure the mass of one object is by its gravitational effect on another, but comets are far too small to have a measureable influence on anything," said David Morrison of the NASA Astrobiology Institute at the NASA Ames Research Center in Moffett Field, Calif.
And another scenario — that a brown dwarf, or even a so-called "black dwarf" star, could be hidden from NASA's view — is also not possible, Morrison added.
"If we had a brown dwarf star in the outer solar system, we could see it, detect its infrared energy and measure its perturbing effect on other objects," Morrison said. "There is no brown dwarf in the solar system, otherwise we would have detected it. And there is no such thing as a black dwarf."
According to NASA, the best time to spot comet Elenin in telescopes will be in early October. Binoculars or telescopes are required because of the comet's dim appearance.
Whether the comet will be visible to the unaided eye, however, remains to be seen.
"This comet may not put on a great show. Just as certainly, it will not cause any disruptions here on Earth. But, there is a cause to marvel," Yeomans said in the statement. "This intrepid little traveler will offer astronomers a chance to study a relatively young comet that came here from well beyond our solar system's planetary region. After a short while, it will be headed back out again, and we will not see or hear from Elenin for thousands of years. That's pretty cool."
More aboutComet Elenin Poses No Threat to Earth, NASA Says

Redupnya semangat Tradisi Keilmuan

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn on Selasa, 04 Desember 2012


Redupnya semangat Tradisi Keilmuan
Adam Syarief Thamrin H*

Dekade akhir ini, makin dirasakan redupnya semangat pemuda Indonesia tak terkecuali para pelajarnya. Banyak alasan-alasan klasik yang senantiasa dijadikan indicator oleh penguasa sebagai asal-muasal redupnya semangat tersebut antara lain masalah Globalisasi dan budaya barat, memang tak dapat dipungkiri budaya pop barat masuk seperti derasnya air di Niagara, serta menjamurnya efek globalisasi seperti virus yang tak mudah diberangus dan tak mudah di hentikan. Padahal sejatinya, jika kita mau menganalisis akar persoalan secara runtut, kronologi yang menyebabkan redupnya Tradisi Keilmuan bahkan hilangnya hal tersebut dikalangan pelajar adalah sebuah “Sistem Pendidikan” di negeri ini (Indonesia) yang selalu tidak se-Arus dengan kondisi dan keadaan Pelajar di Indonesia. Mari kita ambil contoh mengenai maju-mundurnya Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia seperti gonta-gantinya Kurikulum Pendidikan Dasar hingga menengah atas yang sempat menimbulkan keresahan para Pelajar, Wali Murid dan Guru, selanjutnya, UJIAN NASIONAL (UNAS) yang dinilai hanya mengacu pada nilai akhir UNAS guna menentukan kelulusan pelajar tersebut, bahkan jika ditilik sejak kemunculan UNAS pertamakali, UNAS telah mengabaikan point-point yang termasuk pada nilai Afektif, Kognitif,dll. Maka tak heran akhir-akhir ini ujian kelulusan yang digunakan (UNAS) dengan ajaibnya mampu “membolak-balikkan” nasib pelajar, yang Pintar dan belajar sungguh-sungguh bisa saja mendapat nilai jelek sebaliknya yang tidak bersungguh-sungguh malah mendapat porsi lebih dengan nilai yang baik. Maka, jika dianalisis lebih mendalam system ujian kelulusan menggunakan UNAS ini lebih mengedepankan “system keberuntungan / Bejo”.
Selain masalah system pendidikan di Indonesia yang masih amburadul, hal lain yang menyebabkan redupnya Tradisi Keilmuan dikalangan pelajar adalah masalah kurikulum, ya, kurikulum sejatinya adalah salah satu rangkaian terpisah dari sebuah system pendidikan nasional, tapi yang membuatnya berbeda adalah, kurikulum merupakan tingkatan system yang mendapat porsi tahapan paling mengakar dan paling mendalam dalam tatanan system pendidikan itu sendiri, tetapi sayangnya, vitalnya keberadaan kurikulum dalam suatu tatanan system pendidikan rasanya diabaikan oleh Pemerintah sebagai pembuat kebijakan, bagaimana tidak, kita perhatikan saja dari tahun-ketahun Kurikulum sebagai “Base of Education in School” telah banyak mengalami fase-fase perubahan, contohnya saja dalam perjalanan sejarah pendidikan di Indonesia, setidaknya sudah ada beberapa kali pergantian ‘strategi pembelajaran’. Diawali pada tahun 1947 dengan Rentjana Pelajaran 1947 dimana tujuan pendidikan pada saat itu menekankan pada pembentukan karakter rakyat Indonesia untuk menyadari bahwa kedudukan bangsa Indonesia berdaulat dan sejajar dengan negara lain.
Kemudian pada tahun 1952, pendidikan lebih mengarah pada pelajaran yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Strategi ini dinamakan Rentjana Pelajaran Terurai 1952. Setelah itu dikenal Program Pancawardhana pada tahun 1964, yakni: pengembangan moral, kecerdasan, emosional/ artistik, ketrampilan, dan jasmani.
Seiring dengan berubahnya rezim pada masa itu, maka Program Pancawardhana pun diganti pada tahun 1968 dengan pendidikan yang mengarah pada pembinaan jiwa pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus. Kemudian pada tahun 1975 dikenal istilah PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional) yang muatannya lebih mengarah kepada tercapainya tujuan yang dapat diukur dalam bentuk tingkah laku siswa.
‘Strategi pembelajaran’ tahun 1975 ini sangat sulit diwujudkan, karena guru memiliki beban berat karena harus menyusun materi pelajaran secara detail, dibantu dengan alat peraga dan dokumen pendukung pelajaran. Sementara pendapatan atau gaji guru pada saat itu tidaklah memadai. ‘Strategi’ ini hanya bisa dilakukan oleh seorang profesional seperti dosen; maka lahirlah ‘strategi’ CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) pada tahun 1984.
Dalam pembelajaran ini, siswa terlibat aktif baik secara fisik, mental, intelektual, dan emosional dengan gurunya. Program pendidikan yang tidak kaku menjadi prinsip CBSA dengan adanya interaksi yang hangat antara siswa dengan guru dan kegairahan belajar. Dengan alasan proses CBSA hanya mengacu pada teori belajar mengajar tanpa memperhatikan kualitas dari isi pembelajaran, maka ‘strategi pembelajaran’ yang telah berlangsung 1 dekade ini pun diganti dengan nama Kurikulum 1994.
Kurikulum 1994, saya istilahkan dengan ‘Kurikulum Satu Pintu’. Yakni materi pelajaran yang sama bagi semua siswa se-Indonesia, dengan kurang memperhatikan keberbedaan setiap daerah, lingkungan, dan masyarakat. Kemudian direvisi dengan nama Suplemen Kurikulum 1994, dimana daerah dapat menambah materi pembelajaran dengan menyesuaikan wilayah masing-masing. Pada tahun 2002, lahir ‘strategi pembelajaran’ yang dinamakan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi); yakni pengembangan kemampuan untuk melakukan kompetensi dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan program ini diharapkan siswa mampu mengetahui, menyikapi, dan melakukan materi pembelajaran secara bertahap dan berkelanjutan hingga berkompeten. Muatan KBK pun direvisi pada tahun 2004 dengan nama KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dimana konsep yang ditawarkan masih sama;  yaitu mengacu pada basis kompetensi. Yang membedakannya adalah pihak sekolah sebagai penyelenggara pendidikan, memiliki kebebasan dan kewenangan penuh dalam menyusun program pendidikan, tetapi tetap mengacu pada standar-standar yang telah ditetapkan.
Memang, kita sadari bersama pasca-Kemerdekaan Indonesia dapat dikatan Negara kita masih belum dapat konsisten menentukan system pendidikan yang bisa diterapkan secara nasional tetapi hal tersebut masih dapat dimaklumi selagi dalam ambang batas yang wajar sesuai dengan ketentuan waktu yang ada. Sekarang, Indonesia harus sudah mulai berbenah dengan system pendidikannya dan mulai memperhatikan Tradisi Keilmuan yang seharusnya muncul di tengah-tengah kalangan pelajar masa kini.

IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) sebagai organisasi otonom dibawah naungan persyarikatan Muhammadiyah adalah salah satu diantara beberapa organisasi berbasis pelajar yang konsen terhadap masalah-masalah pendidikan, bahkan semangat Tradisi Keilmuan itu sendiri termaktub pada misi IPM sendiri yakni berupaya untuk membangun sebuah Tradisi Keilmuan, seiring dengan berjalannya waktu akhirnya disadari bahwa semangat Tradisi Keilmuan tersebut sejatinya telah redup bahkan lenyap dikalangan pelajar masa kini, Ghiroh pelajar dalam menempa ilmu seperti perjuangan Dr. Soetomo dimasa pergerakan nasional yang sangat luar biasa dalam mengedapnkan ilmu sebagai senjata paling ampuh untuk melumpuhkan penjajah kolonialisme Belanda ternyata telah redup.
Aksi Real pun telah dilakukan oleh IPM, seperti upaya Judicial Review terhadap kebijakan UNAS yang diajukan melalu Mahkamah Konstitusi oleh PP IPM, selain itu uji public mengenai kebijakan UNAS dan Sisdiknas serta banyak diskusi-diskusi terbuka untuk membahas kebijakan Pendidikan di Indonesia yang sedang tidak beres sekarang ini.

Tradisi Keilmuan itu Vital
Menimbang pentingnya sebuah Tradisi Keilmuan bahkan dimaktubkan pada sebuah misi bersama dalam organisasi IPM, memang tak dapat dipungkiri vitalnya tradisi keilmuan tersebut. Mengapa? Tidak lain Tradisi keilmuan nantinya akan berlanjut hingga generasi ke generasi tanpa ada keniscayaan untuk berhenti menempa ilmu sehingga ILMU dan Prosesnya untuk menempa ilmu menjadi sebuah tradisi dan cultural yang melekat kuat dalam pelajar dan masyarakat Indonesia.
Sehingga jika konsep tersebut semua terwujud menjadi satu tujuan bersama maka, terwujudnya Indonesia sebagai Negara maju berkembang bukan merupakan keniscayaan. Perlu kita sadari saat ini pesaing kita bukanlah bermain pada nilai material belaka tetapi Ilmu menjadi patokan tajam dalam suatu proses kompetisi dengan bangsa-bangsa lain. Maka, sudah merupakan kewajiban sebagai pelajar garda terdepan untuk kembali membangkitkan tradisi keilmuan tersebut dengan “Kritis” menyikapi hal-hal yang bertentangan dengan arus yang ada, percayalah, jika pelajar kritis dan menginginkan perubahan, maka perubahan tersebut akan datang seiring semangat membangkitkan kembali Tradisi keilmuan itu sendiri. Hidup Pelajar!



*Adam Syarief Thamrin Hasibuan  (@adamsyarieftham)
Mahasiswa FISIP UNAIR
Ketua Umum Pimpinan Daerah IPM Kota Surabaya
Untuk gerakan poros pelajar yang rindu akan perubahan!
More aboutRedupnya semangat Tradisi Keilmuan

APA KATA PEMUDA MASJID TERKAIT KONDISI PANGAN DI INDONESIA

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn on Senin, 29 Oktober 2012

Telat… Bagi kami Pemuda, tidak ada kata telat untuk mengawal kondisi pangan di Indonesia. Hari Pangan sedunia adalah moment tahunan yang membuat setiap negara berpikir dan bergerak perihal kondisi Pangan di setiap Negara. Justru, sebuah moment hanya terjadi sekali. Tapi, keistiqomahan kita dalam mengawal semua program pangan di negara kita sangat dibutuhkan untuk mendukung dan memperbaiki kondisi tersebut.

Kita semua mengetahui tanggal 16 Oktober 2012 ini adalah hari Pangan Sedunia yang ke 32 tahun, FAO tahun ini mengangkat tema Agricultural Cooperatives – Key to Feeding The World. Di Indonesia pun pemerintah menerapkan tema internasional tersebut sesuai dengan kondisi bangsa saat ini dengan mengusung tema bertajuk Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan Memang bukan merupakan suatu keniscayaan di Indonesia terhadap cita-cita kemandirian pangan yang berkesinambungan. Tentu, hal ini tak jauh kaitannya dengan upaya mensejahterakan Rakyat yang notabene masih dalam taraf hidup really berkecukupan, atau benar-benar taraf yang wajar se wajar-wajarnya garis ambang standar hidup masyarakat Negara berkembang seperti Indonesia. Penggunaan kalimat ambigu barusan dimaksudkan agar Pemerintah kembali berpikir apa yang terjadi dibawah sana terkait dengan pangan rakyat yang seharusnya stabil diatas standar sebenarnya.

Tetapi disadari atau tidak, tetap saja jika kita berbicara angka kesejahteraan sosial di Indonesia masih jauh luar biasa dari ambang-batas standar sebagai Negara berkembangan dan ex- Negara Swasembada.
Ini adalah salah satu factor pemicu keresahan rakyat terhadap sikap pemerintah yang cenderung menutup mata akan keadaan ini.
Hal itulah yang tampak dari kaca mata kami sebagai pemuda terutama pemuda masjid. Untuk itu, diperlukan kerja keras Pemerintah yang harus didukung oleh masyarakat tentang program-program peningkatannya. Dan kami sebagai pemuda/pemuda masjid siap untuk berkontribusi akan hal ini.

Di momentum hari pangan tahun 2012, kita sadari peran pemerintah dapat dibilang cukup dalam upaya ketahanan pangan di Indonesia, contoh upaya-upaya pemerintah yang dapat kita lihat adalah Melibatkan peran aktif seluruh stake holder dibawah koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Daerah, Melaksanakan program pembangunan ketahanan pangan yang secara langsung memberikan manfaat kepada masyarakat luas, Mengembangkan kerjasama antara daerah dengan pusat dan Mempertahankan keberadaan lahan produktif dan suplai air untuk pertanian.
Selanjutnya, terkait kondisi masyarakat khususnya di wilayah Jawa Timur terkait ekonomi pangan. Sejak dampak krisis ekonomi beberapa waktu lalu, membuat masyarakat pesimis akan kondisi ekonomi pangan yang sedang terjadi, dimana mayoritas harga sembako yang meningkat drastis serta kebutuhan pokok pangan lainnya juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang ada dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi.
Padahal, Negara kita memiliki luasan wilayah yang cukup luas dibanding Negara-negara lain di ASEAN. Akan tetapi, kita masih banyak melakukan import bahan pangan dari Negara tetangga. Apa yang salah akan hal ini? kurangnya program dari pemerintah akan peningkatan bahan pangan dalam negeri? Atau kurang antusiasnya masyarakat akan profesi-profesi pertanian dan pengadaan bahan pangan?


Banyak yang bisa dilakukan


Jika kita peduli, banyak yang bisa kita lakukan untuk ambil peran dalam hal ini terkait pangan masyarakat. Memang, banyak yang harus diperhatikan dalam masalah ini terutama kesejahteraan petani dalam rangka meningkatkan produktivitas padi yang dihasilkan.
Pada era orde baru, Indonesia adalah Negara macan asia yang tentu banyak disegani oleh Negara tertangga termasuk Malaysia pada waktu itu, tetapi seiring berjalannya waktu, konsistensi pemerintah terhadap predikat yang disandang pada saat itu tidaklah cukup untuk mempertahankan predikat tersebut, dengan alih-alih pembenahan system ekonomi dan stabilisasi ekonomi pada saat itu, konsentrasi pemerintah terpecah dan saat ini predikat yang disandang itu telah hilang.

Apakah karena setiap individual atau kelompok lebih menfokuskan ke kekuasaan masing-masing sehingga “seolah-olah” pangan tidak menjadi perhatian yang maksimal dalam program-programnya? Dibutuhkan pemimpin di bidang ini yang bisa mengawal setiap program-program yang telah dilahirkan untuk meningkatkan kebutuhan pangan yang berkualitas dan terjangkau bagi Rakyat Indonesia.
Sebagai pemuda, tentu banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk ambil peran dalam permasalahan pangan dan kesejahteraan masyarakat ini, ambil beberapa contoh misalnya; Peran Pemuda dalam mewujudkan masyarakat yang Madani, mendorong kualitas dan kuantitas produktivitas masyarakat tani dan lain sebagainya. Pemuda memiliki sejuta akses untuk masuk dan terjun langsung ke masyarakat. Hal itulah yang seharusnya dimanfaatkan dengan baik.

REMAJA MASJID / PEMUDA MASJID sebagai garda terdepan

Pemuda erat kaitannya dengan dinamika hidup berorganisasi, banyak sekali organisasi di negeri ini yang menghimpun pemuda/remaja dengan maksud dan tujuan yang sama, tetapi tidak dengan Remaja Masjid. ReMas/Remaja Masjid pada hakekatnya adalah suatu organisasi otonom yang bernaung dibawah Ketakmiran Masjid atau Yayasan pengelola masjid. Peran serta Remas dalam mendorong ksejahteraan masyarakat sangatlah besar. Dibidang pangan dapat diambil contoh, sebagai Remaja Masjid yang bernaung di masjid-masjid pemukiman, desa atau dusun yang lokasinya berada di area pertanian; Remas dapat melakukan sosialisasi dan konsultasi secara intens terhadap masyarakat tani disekitar, hal tersebut dilakukan di Masjid.
Konsekuensi Remaja Masjid tidaklah hanya sebagai pembantu umum disaat Masjid mengadakan acara atau hanya mengadakan acara-acara yang berbasis kerohanian islam saja tetapi sudah merupakan kewajiban Remaja Masjid sebagai garda terdepan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, utamanya kesejahteraan pangan. Bukankah banyak pemuda-pemuda masjid yang menjalani perkuliahan dibidang pertanian? Bukankah banyak lulusan-lulusan mahasiswa yang bisa terjun ke masyarakan lewat masjid? Hal ini menjadi PR bagi sahabat-sahabat REMAJA MASJID di Indonesia untuk terus berperan aktif untuk kesejahteraan Masyarakat Indonesia dengan aktif meramaikan masjid, mengadakan pembinaan masyarakan di masjid, mendidik karakter yang berkualitas dan memproduksi hasil yang bermanfaat di Masjid dengan semangat REMAJA MASJID BISA!!!

Selamat Hari Pangan ke 32 tahun 2012, semoga kedepan, kondisi ekonomi pangan nasional kita dapat lebih baik sehingga swasembada pangan dapat kita wujudkan kembali.

(Adam Syarief Thamrin Hasibuan, red)

Seorang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya, angkatan 2011. Aktif di Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Surabaya Divisi Networking. Didaulat untuk menjabat Ketua Umum di Remaja Masjid Ash Shoobiriin sejak tahun 2010 dan sebagai Ketua Umum di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah kota Surabaya dan aktif di berbagai organisasi lain. (adamsyarief@yahoo.com | @adamsyarieftham)



Apa kata Pemuda dan yang lainnya terkait Hari Pangan sedunia 2012



Rinaldi Yoga, Pelajar & Aktivis Remas, Peran serta Remaja Masjid dewasa ini sangat dibutuhkan untuk mendorong kesejahteraan pangan rakyat. Maka, mulai sekarang Jadikan masjid sebagai pusat konsepsi kesejahteraan rakyat!!!

Bastian Najich, Fotografer Muda, Pemerintah udah ngasih stok logisitk cukup banyak sih buat rakyatnya, tapi sayangnya itu semua produk non-lokal. Dan pemerataan/distribusi buat pulau2 diluar jawa kurang banget. Itu perlu diperhatiin. Buat pemuda-pemuda kudunya support produk local, support pedagang local, support all about local deh pokoknya. Katanya negeri gemah ripah loh jinawi, lha kok malah di buat bisnis

Sila Basuki, Akademisi / Direktur Lapersada Nusantara Jatim, Salah satu unsur Ketahanan Nasional (Tanas) adalah Ketahanan Pangan … tentu sudah ada Regulasinya, antara lain meningkatkan teknologi pertanian untuk pengembangan tanaman pangan berbasis potensi SDA (alam pedesaan) dan SDM (masyarakat desa) … dan tolak import tanaman pangan !!!

Jaka Ghianovan, Mahasiswa /Aktivis KAMMI, Ingat masa nabi Yusuf, pemerataan hasil panen untuk rakyat, insyaAllah rakyat sejahtera!!!

Arif Rahman Sidy, Mahasiswa Fak. Ekonomi & Bisnis Unair, yo dimulai teko hal-hal cilik ae misale tuku bahan-bahan sembako tuku seng produk lokal ae ojok tuku seng import, alusane nolak produk-produk negoro kapitalis. lek wes ngono para ‘pekerja’ pangan iku ngroso diregani karo wong-wong iso nambah motivasi gawe ningkatno produksi pangan dalam negri mungkin iso sampe swasembada koyok jamane pak soeharto, dadi ga onok mane berita ‘kelangkaan sembako’ dll

Hery Wawan, Aktivis Pelajar IPM Sulawesi Selatan, Indonesia, negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, memiliki tingkat populasi cukup tinggi. Kenyataan itu mengharuskan pemerintah mewujudkan kemandirian pangan, bukan sekadar ketersediaan pangan yang memadai. Hal itu disebabkan setiap pertambahan penduduk harus diikuti dengan peningkatan produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi. Bagi saya kemandrian pangan dan kesejahteraan petani harus beriringan….

M. Farras Fauzi, Mahasiswa Hubungan Internasional Unpad Bandung
, balik lagi ke masyarakat, untuk mengatasi kesenjangan pangan ya perlu juga diadakan proses pengubahan pola makan rakyat kita yang terlalu rice-minded. Jadi ya itu cuma dr pandangan saya aja, krn bahan pangan di indonesia sendiri juga banyak, toh nasi sendiri pun kita belum bisa produksi sendiri
untuk pemerintah ya mungkin cuma diadain penyuluhan lagi mengenai pola pola makan yang benar dan cukup gizi bagi masyarakat.

SUMBER : http://andricipta.wordpress.com/2012/10/18/apa-kata-pemuda-masjid-terkait-kondisi-pangan-di-indonesia/
More aboutAPA KATA PEMUDA MASJID TERKAIT KONDISI PANGAN DI INDONESIA

Aktivis Masjid : Remas Ash Shoobiriin & JPRMI, upaya bersama dorong gerakan Ayo ke Masjid dengan Green Funbike

Diposting oleh Adam Syarief Thmrn on Minggu, 14 Oktober 2012


http://jprmisemarang.org/pict/71387840JPRMI.jpglogo Remas.bmp



HUMAS REMAJA MASJID ASH SHOOBIRIIN
remasashshoobiriin@yahoo.co.id | @remasAShoobirin

Remas Ash Shoobiriin gelar funbike bareng JPRMI dan GAMIS
10/14/12

Rungkut, Surabaya – Sejak Ahad Pagi (14/10), halaman masjid Ash Shoobiriin tidak seperti biasanya, pada hari tersebut, Remaja Masjid Ash Shoobiriin bersama JPRMI Cabang Gunung Anyar & Rungkut serta GAMIS (Gerakan Anak Masjid) menggelar kegiatan bersama bertajuk Go Green Cycling to Barokah. Kegiatan ini dilandasi atas keinginan bersama para aktivis masjid tersebut untuk lebih mengokohkan tali ukhuwah Islamiyah diantara sesame, sekaligus menjalin hubungan silahturahim dengan baik kepada masyarakat sekitar.  Terbukti, kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pihak kecamatan Rungkut dan pengurus RW VII Rungkut Mapan Tengah Surabaya serta pengurus Takmir Masjid Ash Shoobiriin.

Bapak Ridwan selaku camat Rungkut mengaku gembira dengan adanya inisiatif dari pemuda-pemuda masjid yang peduli akan lingkungan dengan menggelar kegiatan berbasis go green ini. Salah satu rangkaian kegiatan ini adalah pengenalan dan upaya penghijauan di Hutan Mangrove Wonorejo – Rungkut Surabaya.

Selepas kegiatan di mangrove, peserta funbike kembali ke Masjid Ash Shoobiriin untuk mengikuti acara hiburan dan pengundian doorprize sebuah sepeda dan puluhan hadiah hiburan lainnya. H. Soedarsono selaku ketua Takmir Masjid yang membuka acara ini mengaku sangat bangga, karena ternyata masih banyak pemuda-pemuda yang hatinya senantiasa terpaut pada Masjid, harapan kedepan tidak sampai pada acara ini saja, tetapi Remas Ash Shoobiriin, JPRMI dan GAMIS senantiasa secara terus-menerus mengadakan kegiatan dalam rangka upaya Gerakan  Ayo ke Masjid yang dicetuskan oleh JPRMI Nasional.

Semoga langkah positif dari pemuda-pemuda aktivis masjid ini senantiasa mendapat Ridho dari Allah SWT dan senantiasa membawa manfaat terhadap masyarakat banyak. (Humas)
More aboutAktivis Masjid : Remas Ash Shoobiriin & JPRMI, upaya bersama dorong gerakan Ayo ke Masjid dengan Green Funbike